Friday, January 15, 2016

Samsung Segera Produksi Chipset Prosesor dari Qualcom

Samsung beberapa saat yang lalu telah mengumumkan bahwa pihaknya akan segera memproduksi massal chip dengan proses 14nm generasi kedua. Produk massal chipset yang akan dihasilkan adalah chipset buatan sendiri berupa Exynos 8 Octa dan chipset Snapdragon 820 dari Qualcomm.
Kabar ini sekaligus mengkonfirmasi rumor yang beredar akhir tahun 2015 lalu. Saat itu sempat dikabarkan bawha Samsung akan memproduksi chipset dari Qualcomm, yang sekaligus menjadi pesaingnya di segmen bisnis chipset. Chipset Exynos 8 Octa kemungkinan hanya dipakai sendiri oleh Samsung, sedangkan chipset Snapdragon 820 nantinya akan digunakan di berbagai perangkat flagship yang muncul di paruh pertama tahun 2016 ini.
Qualcomm diprediksi harus menggunakan fasilitas Samsung untuk produksi chipset terbarunya agar dapat memenuhi permintaan dari para vendor smartphone. Selain Qualcomm, Samsung diketahui telah memproduksi chipset untuk Apple yang dipergunakan di iPhone selama beberapa generasi, walaupun rumor terakhir menyebutkan bahwa Apple telah mengalihkannya ke TSMC.
Samsung sendiri diperkirakan akan menggunakan dua jenis chipset untuk flagshipnya di tahun 2016. Keduanya adalah chipset Exynos terbaru dan juga Snapdragon 820. Praktik ini sudah diterapkan Samsung dalam produksi smartphone flagship sebelumnya di tahun 2015 lalu.
via The Verge, Samsung

No comments:

Post a Comment