Saturday, December 19, 2015

Inovasi Qualcomm Torehkan Pencapaian Penting Teknologi Mobile di Indonesia?



Qualcomm Indonesia (17/12) telah mengumumkan kontribusinya dalam memimpin inovasi teknologi mobile di Indonesia. Untuk meningkatkan adopsi 4G LTE, Qualcomm telah berkolaborasi dengan mitra bisnis strategis seperti Original Equipment Manufacturers (OEM), Original Design Manufacturer (ODM), dan operator telekomunikasi dalam memberikan desain prosesor mobile yang berkualitas bagi seluruh tier perangkat 4G LTE dan konektivitas jaringan dengan performa tinggi.

Akselerasi adopsi 4G LTE telah menunjukkan hasil yang signifikan. Pada tahun 2015, Indonesia menunjukkan 132% penetrasi mobile dengan ponsel pintar mengalahkan feature phone di angka 62%. Melihat pertumbuhan mobile dan penetrasi 3G/4G LTE yang tinggi di industri lokal, pemerintah telah berupaya dan berhasil menyempurnakan proses pengaturan ulang di frekuensi 1800 Mhz. Hal ini kemudian menciptakan peluang baru bagi 4 (empat) operator kunci dalam memberikan layanan LTE. Tak hanya itu, OEM dan ODM juga dapat mengerahkan pendekatan strategi bisnis mereka dalam mengedukasi manfaat dari 4G LTE kepada pengguna.

"Sejalan dengan objektif dan komitmen pemerintah terhadap implementasi teknologi 4G LTE, Qualcomm secara konsisten berupaya untuk mendorong pengguna beralih dari penggunaan 2G dan 3G ke 4G dengan melibatkan stakeholder yang relevan." ungkap Shannedy Ong, Country Director, Qualcomm Indonesia.

Sedangkan menurut Juliana Cen, Asus Country Product Group Lead, "Asus saat ini berhasil meraih posisi kedua di pasar ponsel pintar Indonesia, dengan inovasi yang konsisten. Dengan pesatnya pengembangan terobosan teknologi mobile, Qualcomm memiliki teknologi prosesor mobile berkinerja mumpuni namun dengan konsumsi daya yang efisien sehingga dapat menghadirkan perangkat 4G LTE terjangkau namun tetap berkualitas.

Untuk mempercepat adopsi dari IoE, Qualcomm telah menambah portofolio mereka mulai dari prosesor mobile hingga ke solusi mobil pintar, proteksi keamanan, konektivitas yang andal, dan perangkat pintar lainnya seperti drone dan kamera keamanan. Perusahaan belum lama ini mengumumkan prosesor mobile terbaru, Snapdragon 820, yang dibuat untuk memberikan performa maksimal dengan konsumsi daya minim. Qualcomm Snapdragon tidak lagi hanya akan mentenagai ponsel pintar, tapi juga akan mentenagai berbagai perangkat lainnya seperti drone dan kamera pengaman. Sudah terdaftar lebih dari 70 perangkat yang akan menggunakan Snapdragon 820 di tahun 2016.

Qualcomm memungkinkan sebuah dunia dimana perangkat, tempat, dan manusia saling terkoneksi sehingga dapat meningkatkan kehidupan pengguna. Selain inovasi, hubungan mutual dengan mitra strategis juga merupakan faktor krusial dalam menciptakan ekosistem mobile yang kondusif di Indonesia.

via TeknoUp


No comments:

Post a Comment